Risiko Memilih Supplier Dropship yang Salah, Bisa Gawat!

July 11, 2020
4454

Ketika akan membuka bisnis dropship, tentunya semua dropshipper paham bahwa memilih supplier dropship yang tepat adalah kunci utama dari kesuksesan model bisnis online yang satu ini. Pasalnya, bisnis dropship sangat bergantung pada kecekatan supplier dalam memproduksi stok dan mengirimkan barang. Oleh karena itulah, para dropshipper berburu supplier berkualitas dan enggan membocorkan rahasianya apabila sudah menemukan supplier yang tepat.

Nah, bagi kamu yang baru terjun ke dunia bisnis online sebagai dropshipper, memilih supplier yang salah bisa berakibat gawat. Akun toko online yang menarik dan ide bisnis yang matang bisa saja menjadi tidak ada artinya jika kamu sampai salah menentukan supplier dropship untuk bisnismu. Sebenarnya apa saja sih risiko yang menjadi kekhawatiran para dropsipper? Berikut ulasannya:

 

Risiko Salah Pilih Supplier Dropship


Salah kirim produk

Sebagai dropshipper, kamu tidak memiliki kontrol yang maksimal atas produk-produk yang kamu promosikan. Memang ini sebenarnya menjadi salah satu keunggulan dari bisnis dropship, kamu tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk membeli stok barang.

Sayangnya, hal ini juga bisa menjadi bumerang yang merugikan jika suppliermu tidak bertanggung jawab dan malah mengirim barang yang salah kepada pembeli. Kasus salah kirim produk seperti ini bisa sangat merepotkan dan membuat tokomu terkena komplain.

Produk tidak kunjung dikirim

Pembeli bisa merasa kesal apabila produkmu tak kunjung dikirim. Padahal, kamu sudah menghubungi supplier dropship dan menyampaikan ordernya. Ternyata supplier kamu tak kunjung melakukan pengemasan atau memproduksi barang terlalu lama sehingga produk tersebut tak kunjung dikirim kepada pembeli. Wah… tentu saja akan sangat merepotkan kamu karena pembeli akan langsung melayangkan pertanyaan dan keluhan pada tokomu. Oleh karena itu, penting sekali memilih supplier dropship yang cekatan dan bertanggung jawab.

Supplier sulit dihubungi

Salah satu keluhan paling umum ketika mendapat supplier dropship yang tidak bertanggung jawab adalah kesulitan komunikasi, padahal kamu sudah memastikan kontaknya dan sudah memiliki kesepakatan. Tentu saja hal ini bisa menjadi sangat menyebalkan, apalagi bila terjadi dalam kondisi genting. Karena itulah, pastikan selain mengonfirmasi kontak, kamu juga mencari tahu reputasi supplier yang kamu pilih.

Stok habis dan tidak update

Sudah sulit-sulit promosi dan menggaet pelanggan, ketika mendapat orderan ternyata stok di supplier dropship malah habis! Kasus seperti ini bisa sangat menyebalkan karena seharusnya supplier yang berkualitas mampu memproduksi stok dengan jumlah tak terbatas sehingga kamu tidak perlu menghadapi masalah kehabisan seperti ini.

Produk tidak berkualitas

Kualitas produk yang tak sesuai ekspektasi juga menjadi masalah. Harga barang-barang yang dijual oleh supplier dropship biasanya sangat terjangkau, namun mengingat kamu tidak punya kontrol untuk selalu memantau kualitasnya, sebaiknya kamu memastikannya langsung di awal. Lakukan uji coba terhadap kualitas produk supaya kedepannya kamu tidak mendapat komplain dari pembeli.

Risiko-risiko di atas tidak akan kamu alami selama kamu memilih supplier dropship yang tepat, bertanggung jawab, dan terpercaya. Justru, kamu akan lebih mudah meraih kesuksesan dan untung berlipat ganda. Nah, salah satu supplier berkualitas di Indonesia yang bisa menghindarkan kamu dari risiko di atas adalah Grosir Baju Obral atau GBO. GBO ini sudah dipercaya oleh para reseller dan dropshipper sebagai supplier grosir tunggal untuk baju muslim. Produk-produk GBO selalu diperbarui setiap minggu dan sudah tersebar di seluruh Indonesia, lho!

Tak hanya itu, kalau kamu bergabung menjadi member di GBO, kamu bisa menikmati sistem keep barang hingga 24 jam yang pihak GBO miliki. Kini, kamu tak perlu lagi takut kehabisan barang. Dengan harga terjangkau dan kualitas yang terjamin, GBO memastikan kamu bisa sukses berbisnis dropship. Cek website GBO disini untuk melihat keunggulan lainnya.


Artikel Terkait