Tips Buat Jualan Online yang Mudah dapat Pembeli dan Cepat Laris 


Pernah punya keinginan untuk memiliki bisnis sendiri? Sebaiknya keinginan itu kamu wujudkan karena berbisnis saat ini seolah menjadi sebuah tren. Baik karyawan, ibu rumah tangga, hingga mahasiswa mulai memikirkan peluang berbisnis karena membuka usaha sendiri memungkinkan kamu untuk bekerja secara fleksibel, mandiri, dan memperoleh keuntungan untuk diri sendiri. Berbisnis yang dulunya dianggap sebagai sesuatu yang rumit, sulit, dan mahal sudah menjadi sangat mudah untuk dilakukan hingga bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan.

Berbisnis kini sudah tidak perlu dilakukan di gedung atau perkantoran. Kemajuan teknologi dan terbukanya peluang usaha digital membuat kamu bisa memulai usaha rumahan berbekal internet. Jangan salah, peluang usaha-usaha rumah seperti ini bisa membawa keuntungan berlipat ganda bila dikelola dengan baik, lho! Kamu hanya harus pandai membaca peluang dan menemukan ide usaha yang cocok dengan modal, passion, dan target pasarmu.

Mendirikan bisnis memang harus sesuai passion supaya kamu lebih termotivasi dalam prosesnya. Bisnis yang untung tidak bisa dilakukan hanya berbekal keisengan saja. Dalam belajar bisnis online, kamu harus memiliki minat, konsistensi, mental baja, dan kemauan untuk terus menjadi yang terbaik. Ketika memulai bisnis, kamu harus memiliki dasar yang kokoh supaya kamu tahu kemana kamu ingin membawa bisnis ini dan bagaimana cara mengembangkannya untuk memenangkan persaingan di pasar.

Beberapa hal yang kamu butuhkan untuk mendirikan bisnis yang kokoh adalah:

·         Menentukan target pelangganmu

Daripada bingung menentukan produk jualanmu, lebih baik tentukan dulu siapa orang-orang yang akan menjadi target pelangganmu. Di tahapan awal ini, kamu belum memiliki bayangan dan batasan mengenai ide produk untuk bisnismu. Jika kamu gegabah dan tidak sabaran, biasanya produkmu ini tidak tepat sasaran dan malah tidak memenuhi kebutuhan calon pelangganmu.

Oleh karena itu, langkah pertama adalah menentukan target pasar. Kamu bisa mulai dengan menentukan demografi serta psikologi calon pelanggan. Terdengar sulit dan rumit? Mudahnya seperti ini, kamu harus menentukan lokasi, usia, jenis kelamin, bahkan hingga pendapatan calon pelanggan yang kamu kehendaki. Misalnya, kamu ingin pembeli produkmu nanti adalah wanita di perkotaan dengan usia 18 – 30 tahun yang anggaran belanjanya minimal Rp 50.000.

Kemudian, tentukan minat, kebutuhan, masalah, dan tujuan yang dimiliki oleh calon pelangganmu itu. Misalnya, kamu mengincar wanita-wanita Muslimah yang selalu ingin tampil fashionable sehari-hari namun memiliki anggaran yang terbatas. Kamu bisa memanfaatkan peluang ini dengan menjual koleksi busana-busana muslim kekinian yang bermodel kasual, harganya mulai dari 50 ribuan, cocok dipadupadankan dan dipakai sehari-hari, serta menyajikan layanan toko online yang terpercaya.

Melakukan fokus penjualan dengan mempertimbangkan calon pelanggan seperti ini bisa membuat tokomu lebih spesifik, terstruktur, profesional, bahkan terlihat ahli. Oleh karena itu, usahakan untuk memetakan pelangganmu dulu sebelum mulai berbisnis.



·         Tentukan model bisnismu

Langkah selanjutnya adalah menentukan model bisnismu. Apakah kamu memproduksi produkmu secara mandiri atau kamu berperan sebagai reseller produk orang lain? Semua ini sepenuhnya kembali pada keinginan dan kebutuhanmu. Biasanya, salah satu kendala yang dihadapi oleh pebisnis pemula adalah modal. Pendapatan utama saja sudah mepet untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari, bagaimana caranya bisa menyisihkan sekian banyak dana untuk modal usaha? Jangan khawatir karena sekarang sudah ada solusi usaha tanpa modal.

Jenis bisnis tanpa modal ini dapat dilakukan dengan menjadi reseller dan dropshipper. Reseller berarti orang yang menjual kembali produk hasil produksi orang lain. Sementara itu, dropshipper berarti orang yang menjadi perantara antara pembeli dan supplier dimana fokus dropshipper yakni melakukan promosi lewat online dan mendapatkan penjualan, selebihnya yakni pengemasan barang hingga pengiriman akan dilakukan oleh supplier dengan pengirim yang dicatutkan adalah nama tokomu.


Tentunya kedua opsi tersebut sangat menarik untuk dilakukan, bukan? Terlebih karena kamu bisa memulainya tanpa modal sekalipun. Nah, bagaimana cara menjadi reseller online shop tanpa modal?

Pertama-tama, setelah kamu mengetahui target pasar dan produk yang ingin kamu jual, kamu harus menemukan supplier yang tepat. Salah satunya Grosir Baju Obral atau GBO yang merupakan supplier grosir tunggal yang menjual koleksi busana muslim. Kamu dapat mengetahui informasi lebih lanjut mengenai GBO dengan mengunjungi websitenya dan mendaftarkan diri menjadi reseller dengan menekan tombol daftar pada halaman home. Setelah itu, kamu akan diarahkan pada halaman untuk mendaftar menjadi member/ resellernya.

Setelah memiliki supplier dan memahami kebijakan-kebijakannya; Selanjutnya kamu harus membuat akun toko online-mu. Ada berbagai platform yang biasa digunakan untuk berjualan online, mulai dari marketplace hingga sosial media. Gunakan platform atau aplikasi bisnis online yang banyak digunakan oleh target pelangganmu. Misalnya, target pelangganmu adalah anak-anak muda, Kamu bisa menggunakan Instagram, jika pelangganmu berusia 30 tahun keatas. Kamu dapat menggunakan facebook untuk berbisnis.


·         Bangun toko online yang unik

Walau bisnis reseller dan dropshipper bisa dikatakan sebagai bisnis modal 1 juta atau malah kurang dari 1 juta karena cenderung sangat murah, tetaplah serius dalam membangun bisnismu. Dalam bisnis, reputasi adalah segalanya. Cara berjualan online supaya cepat dapat pembeli dan terlihat berkualitas adalah dengan menampilkan kesan ahli dan menarik dalam nuansa toko.  Hal ini dilakukan supaya kamu bisa membangun image toko serta kepercayaan para pelanggan.

Kamu bisa memperindah tampilan toko onlinemu dengan merancang logo yang sesuai. Tak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan warna-warna signature atau warna khas yang mencerminkan tokomu. Misalnya, kamu berjualan baju muslim online untuk wanita dan ingin menampilkan kesan santai, feminim, dan cantik. Kamu bisa menggunakan warna-warna pink atau pastel lainnya yang mencerminkan keluwesan dan kecantikan sehingga feeds akunmu seragam.

Selain memperindah nuansa toko, jangan lupa untuk mengunggah foto-foto yang menarik dan berkualitas baik. Penggunaan foto dan video bisa meningkatkan kepercayaan dan ketertarikan pelanggan, lho. Jika kamu tidak punya kamera, jangan khawatir karena  kamu bisa menggunakan hp saja dan mengedit foto menggunakan berbagai aplikasi editan.

Intinya, bangun reputasi merekmu dengan baik. Dengan begitu, kamu juga membangun kepercayaan dan image toko di mata pelanggan secara sekaligus.



·         Konsisten lakukan promosi digital

Cara berikutnya untuk memiliki bisnis yang kokoh adalah mendatangkan pelanggan dan mendapatkan pelanggan setia. Kuncinya, kamu harus memiliki strategi promosi yang unik dan jitu.  Strategi promosi ini bisa dilakukan lewat berbagai macam hal-hal sederhana. Contohnya, apabila kamu berjualan di media sosial, jangan lupa untuk meletakkan tagar/hashtag yang sesuai di caption foto. Kamu juga bisa melakukan endorsement ke orang-orang terkenal atau mengunggah video testimoni.

Tak hanya itu saja, apabila kamu berjualan di marketplace, rajin-rajinlah memanfaatkan fitur promosi yang pihak marketplace miliki. Kamu juga harus konsisten dalam mengunggah foto-foto produkmu dan beritahu pelanggan mengenai apa yang membuatmu berbeda dari toko lainnya. Beri mereka alasan untuk membeli produkmu, entah karena harganya murah, kualitasnya terjamin, modelnya unik, dan lain-lain.


Kamu khawatir produk tidak laku atau malah jadi rugi karena menyetok barang terlalu lama? Kamu tidak perlu khawatirkan hal itu lagi jika kamu memilih GBO atau Grosir Baju Obral sebagai supplier kamu. GBO paham sulitnya berkompetisi di dunia online, bahkan sesama reseller sekalipun.

Untuk itu, GBO memberikan banyak artikel trik jualan online secara FREE kepada seluruh member/resellernya untuk dipelajari dan diimplementasikan dalam melakukan jualan online baik itu sebagai reseller maupun dropshipper.

GBO adalah supplier grosir tunggal yang telah dipercaya hampir 3000 member untuk menjadi pemasok barang yang dijualnya. Produk yang dijual merupakan busana Muslimah yang mana sangat banyak peminatnya di Indonesia sebagai penduduk dengan mayoritas beragama Muslim.

GBO merupakan salah satu supplier tangan pertama di Indonesia yang mana produknya telah banyak tersebar dan digunakan oleh orang-orang di sekitar kita. Cari tahu lebih banyak soal GBO disini.