Ulas Informasi seputar Dropship Sebelum Kamu Terjun ke Bisnisnya

Bisnis dropship menjadi salah satu bidang yang mulai dilirik orang-orang sekarang ini. Bagaimana tidak? Dimasa pandemi yang dulu membuat kita seminim mungkin melakukan aktivitas di luar rumah, bisnis ini dapat terus berjalanan bahkan membantu orang-orang mendapatkan penghasilan meski dirumah saja.

Pada dasarnya, dropship artinya mengirim barang dari supplier langsung kepada pembeli, dimana kamu sebagai perantaranya disebut dropshiper. Dropshiper/ perantara tak lain adalah penjual produk. Dengan memberlakukan sistem dropship, artinya kamu sebagai penjual tidak perlu menyetok barang; karena supplier lah yang akan mengirimkan barang langsung kepada pembeli kamu. Disinilah kamu harus memiliki supplier yang terpercaya agar pengirim produk tetap tertuliskan nama/ kontak usahamu, bukan kontak si supplier sehingga pembeli tetap akan melakukan repeat order/ membeli barang kembali kepadamu.


Melakukan sistem dropship artinya kamu hanya perlu mencari pembeli. Kamu hanya perlu memikirkan strategi marketing yang pas. Nah, ini juga yang membuat banyak orang bilang kalau bisnis dropship merupakan bisnis yang minim modal bahkan tanpa modal!


Masih bingung bagaimana caranya usaha dropship dengan minim atau tanpa modal? Contohnya seperti ini, Kamu dapat memanfaatkan foto, video dan informasi detail produk yang diberikan supplier lalu memasarkannya dengan sebar ke teman-teman melalui media sosial seperti WA, Instagram, Facebook dan sebagainya. Atau bisa juga dengan Shopee, Tokopedia, Lazada, ataupun marketplace lainnya agar kamu lebih banyak menjangkau orang-orang diluar sana.

Saat orang tersebut melakukan pembelian, kamu dapat meminta supplier mengirimkan produk langsung kepada pembeli, dengan begitu kamu hanya mengajukan pembelian kepada supplier atas produk yang sudah ada pembelinya. Tidak ada resiko stok produk disini. Kamu juga perlu menaikkan harga terlebih dahulu sebelum kamu memasarkan produk; selisih harga itulah yang nantinya akan menjadi keuntunganmu.

Lalu bagaimana dengan tarif ongkos kirim dalam bisnis dropship? Tarif ongkir dihitung dengan jarak dari supplier ke pembeli Anda. Beberapa orang menjadikan gratis ongkos kirim guna memikat pembeli. Disini, pilihan ada di tangan Anda sebagai dropshiper. Bagaimana strategi marketing yang Anda gunakan? Yang pasti, kamu harus perhitungkan baik-baik langkahnya agar tidak merugi.


Beberapa orang beranggapan bahwa bisnis dropship berbeda dengan menjadi reseller. Hal ini bisa dibilang benar, bisa juga tidak; karena, bisa saja kamu sebagai reseller juga menjadi dropshiper. Yang membedakan adalah jika reseller, penjual mengirim produk dari lokasinya kepada pembeli; Kalau dropship produk dikirimkan dari lokasi supplier/gudang. Itu berarti satu orang/ penjual bisa melakukan keduanya.

Sebenarnya, dasar dari perbedaan reseller dan dropship berada pada cara pengirimannya saja. Namun, ada beberapa orang yang mengaitkan perberdaannya dengan reseller yang harus melakukan penyetokan barang, dan dropship tidak. Hal ini bisa berarti benar, Namun ada beberapa reseller juga yang membeli produk dari supplier hanya merupakan produk yang sudah ada pembelinya; Walaupun cara pengirimnya bisa dari supplier langsung kepada pembeli atau supplier kepada si penjual/reseller lalu dirinya kirimkan lagi kepada pembeli.

Diposisi ini, jika dia hanya menjual produk yang telah ada pembeli, berarti reseller tidak menyetok barang bukan? Asumsi mengenai penyetokan tadi sebenernya memiliki dasar, yakni bahwa sebagian besar supplier memberlakukan sistem dropship dengan menjual produk secara grosir. Sedangkan reseller umumnya adalah pengecer. Walaupun pada kenyataanya, ada juga reseller yang menjual secara grosir dan ada pula supplier yang menjual secara ecer. Itu semua tergantung dari Langkah yang ingin dilakukan karena hal ini merupakan strategi marketing yang mana, segala langkah yang dilakukan telah diperhitungkan agar tidak merugi.

Apa hal yang paling utama untuk dilakukan jika ingin berbisnis dropship?


Supplier. Kenapa supplier dropship menjadi yang utama? Bayangkan jika Kamu telah mengetahui langkah yang akan dilakukan, mulai dari kemana saja kamu akan memasarkan produk secara online, teknik marketing yang akan digunakan, dan sebagainya telah kamu siapkan dengan ciamik. Namun ternyata kamu mendapatkan produk bukan harga yang termurah. Atau kondisi barang yang buruk seperti lecek/ bahan yang kurang baik. Lebih seramnya lagi jika ternyata supplier ternyata bermain curang dengan menyertakan kontaknya pada produk sehingga pembelimu kabur. Wah seram banget yah..

Untuk itu perlu, perluuu banget untuk kamu mendapatkan supplier yang tepat. Nah sebagai pelaku bisnis dropship yang ingin mendapatkan supplier terbaik, ini tips agar kamu mendapatkan supplier terbaik:

1.       Temukan Supplier Tangan Pertama


Maksudnya bagaimana tuh yang tangan pertama? Pastikan bahwa suppliermu akan memberikan harga terendah dibanding jika kamu mengambil produk yang sama di tempat lain. Ciri-cirinya adalah dia yang pertama kali menjual produk tersebut, atau bisa juga disebutSupplier Grosir Tunggal. Dapat harga yang termurah, sudah pasti akan membuat kamu dapat menjual produk lebih murah meski keuntungan yang didapat tetap lumayan.

2.      Memiliki Transparasi Sistem


Sistem yang transparan merupakan salah satu kesungguhan supplier untuk melakukan bisnis dengan jujur. Sistem transparan membuat reseller dapat selalu memantau produk yang dipesannya, dari mulai produk telah dibooking hingga produk dikirimkan.

3.     Mudah di Kontak dengan Berbagai Cara


Waduh, sebel banget ga sih ketika kamu mendapatkan calon pembeli, namun Ketika kamu ingin menanyakan satu dan lain hal ke supplier, suppliernya malah lama respon? Tenang, Ada kok beberapa supplier yang menerapkan sistem live chat atau komunikasi real time sehingga akan lebih cepat merespon.

4.     Berpengalaman Menyediakan Sistem Dropship


Nah ini gak kalah penting karena supplier yang memberlakukan sistem dropship harus paham etika menyediakan layanan dropship. Jika ingin lebih pasti lagi, pilih supplier yang telah memiliki banyak member dan telah terbiasa melakukan pengiriman secara dropship ini ya!

5.     Kesesuaian Produk dengan Deskripsi


Bayangkan jika barang yang terlihat di foto ternyata berbeda dengan produk yang datang. Wah kalau begini, apakah pembeli kamu akan terus bertahan? Ada loh diluar sana yang menjual produk dengan membuat produk tiruan dari suatu foto. Sedihnya lagi mereka memasarkan produknya dengan foto asli yang mereka gunakan untuk meniru produk.

Nah yang ini yang sering membuat orang tidak suka berbelanja online. Kamu jangan sampai kena ya! Pastikan supplier yang kamu pilih menjual produk ORI, ciri-cirinya dia yang melakukan desain, produksi, juga dokumentasi produk untuk dijual. Dengan begitu produk yang datang akan sama dengan yang di foto.

6.     Produk yang Disediakan Bagus


Memberikan harga yang murah bukan berarti produk juga murahan. Umumnya, supplier yang memproduksi sendiri produk memang dapat memberikan harga yang murah karena produkya belum banyak berpindah tangan antar penjual. Lalu bagaimana dengan kualitas? Bagaimanapun nanti, produk akan dijual dipasaran online maupun offline, tentu kualitas yang diberikan berarti sama dengan yang ada di pasaran.

Setelah mengetahui seperti apa supplier yang sebaiknya dipilih untuk melakukan bisnis dropship terpercaya dan murah, selanjutnya kamu hanya perlu mencari supplier yang sesuai dengan kriteria diatas. Jika kamu sudah mantap untuk melakukan bisnis dropship atau ingin mengetahui informasinya lebih lanjut, kamu dapat berkunjung ke websitenya.

Grosir Baju Obral atau GBO merupakan salah satu supplier baju muslim tangan pertama/ supplier grosir tunggal dan juga dropship yang mampu memberikan kamu produk termurah dan dapat membantu kamu melakukan bisnis dropship. GBO telah memiliki hampir 3000 member yang telah percaya untuk menjadikan GBO sebagai pemasok produk yang dijualnya.

Tak hanya itu, produk yang kamu pesan juga dapat selalu kamu pantau di sistemnya yang transparan, dan dapat dengan mudah kamu hubungi dengan sistem real timenya. Masih butuh informasi lebih banyak mengenai GBO? Atau penasaran dengan seberapa murah produk yang dia tawarkan? Kepoin aja websitenya disini.